Diet Sehat

“Diet Sehat, Tubuh Ideal, Hati Senang”
Cara Diet Sehat adalah solusi cermat untuk mengatasi dua hal yang umumnya dialami oleh mereka yang memiliki berat lebih atau obesitas: menurunkan berat badan yang berlebih dan beberapa jenis penyakit tertentu seperti diabetes dan kolesterol. Berat badan atau lemak tubuh yang berlebih memang bisa diatasi dengan beberapa cara, antara lain dengan dilakukan secara medis misalnya dengan cara operasi sampai dengan menggunakan cara yang alami. Namun, perlu kita sadari bahwa untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, tahan lama, efektif, dan aman, sebaiknya berat badan berlebih diatasi dengan cara diet yang seimbang dan mempertimbangkan kesehatan.
Diet di sini yang diutamakan adalah diet sehat, yang aman bagi kesehatan dan tidak menimbulkan efek samping bagi kesehatan atau kondisi dari mereka yang melakukan diet. Sedangkan diet yang sehat untuk keperluan medis juga menjadi cara alternatif terbaik bagi mereka yang menderita penyakit tertentu, terutama kolesterol. Selain membuat badan berangsur sehat, efek yang ditimbulkan diet juga akan bertahan lama. Apapun tujuan diet sehat yang dimiliki seseorang, berikut ini ada dua cara diet sehat :
 
 
Cara Diet Sehat yang Pertama: 
Tentukan Tujuan dan Kenali Tubuh
Hal pertama dan utama yang harus seseorang lakukan dalam melakukan diet yang sehat adalah menentukan tujuan utama dari diet tersebut. Seperti disebutkan diatas, diet sehat cocok dilakukan bagi mereka yang memiliki dua kepentingan; yaitu menurunkan berat badan dan membantu proses pengobatan beberapa penyakit tertentu seperti diabetes dan kolesterol. Oleh karena itu, seseorang harus menentukan tujuan diet, sebelum memulai proses diet karena beda tujuan beda pula hal yang harus  diperhatikan, seperti jenis makanan yang harus dikonsums dan olah raga yang harus dilakukan. Mengenali tubuh sendiri adalah Cara Diet Sehat yang kedua. Mengenali tubuh di sini bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti: mencari tahu golongan darah, mengetahui berat badan, dan kecenderungan tubuh untuk memberi efek tertentu pada jenis makanan tertentu.
Cara Diet Sehat yang Kedua: 
Makan, Minum, Olahraga
Cara berikutnya untuk melakukan diet sehat adalah dengan cara memperhatikan pola makan dan menu makanan yang dikonsumsi. Pada dasarnya, makanan adalah fokus utama dari kebanyakan jenis diet karena makanan berhubungan langsung dengan asupan nutrisi bagi mereka yang melakoninya. Sangat disarankan agar sebelum melakukan proses diet, seseorang membuat daftar makanan yang boleh dikonsumsi dan yang tidak boleh dikonsumsi atau makanan yang harus dihindari. Selain makanan, salah satu cara untuk diet yang sehat adalah dengan minum air putih sebanyak dua liter perhari, karena ini akan membantu kerja tubuh dalam proses metabolisme. Selain itu, olah raga yang teratur seperti jogging setiap pagi atau fitness dan aerobik setiap sore juga merupakan salah satu Cara Diet Sehat yang terbaik.

Menu Diet Sehat Menurunkan Berat Badan

Jika anda ingin menurunkan berat badan dengan cepat  dan mudah, memilih mengonsumsi sembilan daftar menu diet sehat menurunkan berat badan di bawah ini untuk sehari-hari, mungkin akan membawa hasil bagus.Makanan rendah kalori, sumber vitamin, mineral, antioksidan dan serat ini tak sulit diperoleh.Ini dia beberapa jenis menu diet sehat menurunkan berat badan yang dikutio dari Hello Beautiful:
menu diet sehat menurunkan berat badan
 
Apel 
Apel sebagai contohnya, merupakan menu diet sehat yang bagus dari serat yang mudah dicerna untuk membantu memerangi kolesterol. Buah berair ini juga bagus sebagai sumber vitamin C. Sebuah penelitian dari Penn State University di University Park menyebutkan, orang yang mengunyah apel sebelum makan pasta akan makan lebih sedikit kalori secara keseluruhan daripada mereka yang mengudap makanan ringan yang berbeda. Selain mengandung serat yang tinggi, kandungan antioksidan dalam apel dapat membantu mencegah sindrom metabolik, sebuah kondisi yang ditandai dengan kelebihan lemak di perut.
Kembang kol
Kembang kol juga mengandung vitamin C. Hanya butuh mengonsumsi 1/2 mangkuk dari 36 persen kebutuhan harian Anda. Jenis sayuran yang satu ini juga ampuh melawan kanker yang telah terbukti memiliki risiko lebih rendah terhadap penyakit kolorektal, paru-paru, dan kanker perut. Seperti hampir semua sayuran, kembang kol rendah kalori, namun masih menawarkan kandungan serat. Menu diet sehat ini juga serbaguna dan dapat menjadi pengganti makanan berat. Coba kembang kol panggang sebagai lauk untuk burger atau sandwich, tumbuk dengan sedikit margarin bebas lemak untuk meniru kentang tumbuk, atau bubur, dan ditambahkan ke sup bukan krim. Penganan yang satu ini bisa membantu program diet Anda.
Kacang hitam
Menurut data dari National Health and Nutrition Examination Survey, mengudap kacang dapat mengurangi berat badan dan memudahkan cara untuk langsing. Kacang mengandung kombinasi ideal dari nutrisi serat yang larut dan tidak larut penghilang lemak, protein, dan karbohidrat. Kacang merupakan menu diet jenis pembakar lemak yang disebut pati resisten.
Kayu manis
Semua rempah-rempah baik. Anda hanya membutuhkan 1/2 sendok teh setiap hari dapat membantu mengontrol gula darah dan mencegah insulin yang dapat memicu tubuh Anda menyimpan lemak daripada membakarnya. Anda juga dapat menggunakan kayu manis untuk menghilangkan rasa manis alami dalam makanan, daripada menambahkan kalori dari gula. Semua rempah-rempah yang termasuk menu diet akan membantu Anda memangkas bobot tubuh bila digunakan untuk menambah rasa terhadap makanan, bukan minyak, mentega, dan bumbu-bumbu sarat kalori lainnya.
Kopi
Kandungan kafein dalam kopi dapat meningkatkan RMR Anda oleh sekitar 15 persen, dan efeknya bisa bertahan hingga empat jam yang membakar 30 sampai 50 kalori per hari. Orang-orang yang menyeruput tiga sampai empat cangkir kopi biasa atau tanpa kafein per hari, 30 persen lebih rentan terhadap diabetes tipe 2. Chlorogenic acid, ditemukan dalam kopi, dapat membantu mencegah resistensi insulin, yang dapat menyebabkan obesitas dan diabetes.
Kacang almond
Makanan ini kaya dengan serat dan protein, selain itu juga bagus untuk sumber zat besi, maknesium, dan vitamin E. Konsumsi kacang almond yang masih mentah atau sudah diolah untuk mendapatkan hasil terbaiknya, dan hindari yang sudah dibumbui dengan banyak garam atau diolah dalam bentuk makanan manis, karena yang ini buruk untuk program diet Anda. Sebuah studi dari University of Toronto menemukan, bahwa orang yang makan almond dengan roti putih tidak mengalami lonjakan gula darah yang sama jika dibandingkan dengan mereka yang makan hanya satu lembar roti. Makan roti membuat kadar gula darah tinggi. Dan saat kadar gula rendah dapat mengarah ke kelaparan, yang menyebabkan orang makan terlalu banyak. Selain itu, perubahan gula darah menyebabkan tubuh membuat insulin, yang dapat meningkatkan lemak di perut. Makan almond, atau dalam bentuk almond mentega merupakan pilihan yang tepat sebagai menu diet.
Parmesan
Wanita yang memiliki satu porsi susu atau keju setiap hari tidak memiliki risiko menambah berat badan dari waktu ke waktu, sebuah studi dalam The American Journal of Clinical Nutrition menemukan fakta ini. Seluruh susu mungkin memiliki lebih banyak asam linoleat terkonjugasi, yang mungkin membantu tubuh Anda membakar lemak. Dan Parmesan begitu beraroma, sehingga lebih mudah untuk membantu program diet Anda.
Yogurt
Dietitians sering menyebut plain yogurt sebagai menu diet yang sempurna, dan untuk alasan yang baik. Pasalnya, di dalam yogurt mengandung trifecta atas karbohidrat, protein dan lemak, dapat mencegah kelaparan dengan menjaga kadar gula darah stabil. Dalam sebuah studi dari University of Tennessee di Knoxville menyebutkan, mereka yang diet rendah kalori, termasuk yogurt kehilangan 61 persen lemak perutnya secara keseluruhan. Dan 81 persen lebih banyak lemak daripada mereka yang berencana diet tetapi tanpa yogurt.
Salmon
Sebagian besar jenis ikan dan seafood merupakan menu diet pilihan sehat, tapi salmon adalah ikan yang paling bagus dengan kandungan protein serta asam amino omega 3 tinggi. Salmon juga rendah kolesterol. Tidak hanya lemak ikan yang menjaga jantung Anda sehat, tetapi mereka mengecilkan pinggang Anda. Omega-3 asam lemak meningkatkan sensitivitas insulin yang membantu membangun otot dan penurunan lemak di perut, serta otot yang Anda miliki. Semakin banyak kalori membakar tubuh Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s